Jumat, 12 April 2017. Siswa kelas 5 Dastin Lingkar Ramadhan sedang belajar membuat karya seni Tie Dye atau sering disebut dengan teknik ikat celup.
Tie Dye atau ikat celup adalah teknik mewarnai kain dengan cara mengikat kain dengan cara tertentu sebelum dilakukan pencelupan kedalam pewarna pakaian. Ikatan kain sebelum pencelupan tersebut akan menghasilkan corak-corak yang membentuk gradasi warna. Gradasi warna tersebut terbentuk akibat ikatan yang menghalanginya dari pewarnaan saat dilakukan pencelupan. Kemudian warna-warna tersebut membentuk variasi atau penggabungan warna yang sangat indah.
Lingkar pada mulanya merasa sangat kesulitan untuk melakukan kegiatan tersebut. Namun, salah satu guru di Homeschooling Brilliant Jakarta Barat mencoba melakukan pendampingan untuk membuat karya seni tersebut. Menurut Mrs. Syifa selaku guru pendampingnya, “awalnya Lingkar enggan membuat karya seni tersebut. Namun, setelah dibimbing dan melihat hasil karya seninya (Tie Dye). lingkar merasa sangat senang dan bahagia”.
Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler Homeschooling Brilliant Jakarta Barat. Kegiatan tersebut dilakukan di minggu pertama di setiap bulannya. Seperti tagline yang diusungkan oleh Homeschooling Brilliant“Sekolah Berbasis Bakat dan Minat”. Homeschooling Brilliant Jakarta Barat ingin mengeksplorasi bakat dan minat yang dimiliki oleh siswa-siswanya .
Penulis  :Yaenal F.S.